Jumat, 09 September 2011

MACD (Moving Average Convergence / Divergence)



MACD (Moving Average Convergence / Divergence) adalah analisis teknikal yg diciptakan oleh Gerald Appel pada akhir tahun 1970.  Hal ini digunakan untuk tempat perubahan dalam kekuatan, arah, momentum , dan durasi dari tren dalam harga saham.
MACD merupakan perhitungan dari perbedaan antara dua moving average eksponensial (EMA) dari harga penutupan. Perbedaan ini memetakan dari waktu ke waktu, di samping rata-rata bergerak dari perbedaan. Perbedaan antara keduanya adalah ditampilkan sebagai histogram atau grafik batang .
Rata-rata bergerak eksponensial menyorot perubahan terbaru dalam harga saham. Dengan membandingkan EMAS dari periode yang berbeda, garis MACD menggambarkan perubahan dalam tren saham. Kemudian dengan membandingkan perbedaan bahwa untuk rata-rata, seorang analis dapat memetakan pergeseran halus dalam tren saham.
Karena MACD adalah berdasarkan rata-rata bergerak, itu secara inheren suatu indikator lagging . Sebagai metrik tren harga, MACD kurang berguna untuk saham yang tidak tren atau perdagangan tak menentu.
Perhatikan bahwa istilah "MACD" digunakan baik pada umumnya, untuk merujuk pada indikator secara keseluruhan, dan khususnya, untuk garis MACD sendiri.
lihat gambar berikut :


Grafik di atas menunjukkan sebuah saham dengan indikator MACD bawahnya. Indikator menunjukkan garis biru, garis merah, dan grafik histogram atau bar yang menghitung perbedaan antara dua garis. Nilai dihitung dari harga saham di bagian utama grafik.
Untuk contoh di atas ini berarti:
  • MACD line (garis biru): perbedaan antara 12 dan 26 hari EMAS
  • sinyal (garis merah): 9 hari EMA dari garis biru
  • histogram (grafik batang): perbedaan antara garis biru dan merah
Matematis:
  • MACD = EMA [cepat, 12] - EMA [lambat, 26]
  • Sinyal = EMA [periode, 9] dari MACD
  • MACD histogram = - sinyal
Periode untuk rata-rata bergerak yang didasarkan suatu MACD dapat bervariasi, tetapi parameter yang paling umum digunakan melibatkan lebih cepat EMA dari 12 hari, EMA lebih lambat dari 26 hari, dan garis sinyal sebagai hari 9 EMA dari perbedaan antara dua. Hal ini ditulis dalam bentuk, MACD (cepat, lambat, sinyal) atau dalam hal ini, MACD (12,26,9).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar